PENGARUH IMPLEMENTASI MEDIA TIGA DIMENSI KEMAGNETAN BERBASIS INKUIRI (MTDKBI) MELALUI STRATEGI KOOPERATIF TERHADAP KECAKAPAN SOSIAL

Kurniawan Arizona1, Ahmad Harjono1, A. Wahab Jufri1
  Erudio, Vol 1, No 2 (2013),  pp.   

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh MTDKBI yang diintegrasikan melalui strategi kooperatif terhadap kecakapan sosial siswa. Jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah 380 siswa kelas IX SMPN 10 Mataram yang tersebar pada 10 kelas. Sampel penelitian berjumlah 142 siswa, terbagi menjadi 4 kelas dengan teknik pengambilan cluster random sampling. Instrumen penelitian berupa angket kecakapan sosial yang diberikan pada awal dan akhir penelitian. Data hasil penelitian dianalisis dengan Anakova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) siswa yang belajar menggunakan MTDKBI berbeda signifikan pada aspek kecakapan sosial dibandingkan siswa yang belajar dengan nonMTDKBI, (2) siswa yang belajar melalui strategi kooperatif tipe STAD berbeda signifikan pada aspek kecakapan sosial dibandingkan siswa yang belajar dengan tipe NHT, (3) ada pengaruh interaksi antara jenis media dengan strategi kooperatif terhadap kecakapan sosial siswa.

Kata kunci: MTDKBI, STAD, NHT, Kecakapan Sosial

Full Text:

PDF

References


BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah: SK dan KD SMP/MTs. Jakarta: BSNP.

Puskur. 2007. Pengembangan Model Pendidikan Kecakapan Hidup. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Sanjaya, W. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Bass, J. E., Contant, T. L. dan Carin, A. A. 2009. Teaching Science as Inquiry. Boston: Pearson Inc.

Furchan, A. 1982. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Jufri, A.W. & Jekti, D.S.D. 2010. Efektivitas pembelajaran sains berbasis inkuiri dengan strategi kooperatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 17 (2): 159-164.

Suma, K. 2010. Efektivitas pembelajaran berbasis inkuiri dalam peningkatan penguasaan konten dan penalaran ilmiah calon guru fisika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 43 (6): 47-55.

Slavin, R. E. 2006. Educational Psychology Theory and Practice 8th Edition. United States: Pearson Education, Inc.

Ibrahim, M., Rachmadiati, F., Nur, M., & Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Pusat Sains dan Matematika Sekolah. Program Pascasarjana UNESA. Surabaya: University Press.

Arends, R. I. 2009. Learning to Teach 9th Edition. New York: Mc Graw Hill.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.