PERBEDAAN MODEL PEMBELAJARAN DI (DIRECT INSTRUCTION) MELALUI METODE MIND MAPPING DAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN PRESTASI BELAJAR FIFIKA SISWA SMP WAHID HASYIM MALANG

Ika Ananda Pujiasih1)*, Sudi Dul Aji2), Choirul Huda3)
  Erudio, Vol 1, No 2 (2013),  pp.   

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran DI (Direct Instruction) dengan metode mind  mapping dan model pembelajaran DI dengan metode konvensional, 2) mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran DI (Direct Instruction) dengan metode mind  mapping dan model pembelajaran DI dengan metode konvensional, 3) mengetahui adanya hubungan kemampuan berpikir kreatif dan prestasi siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran DI (Direct Instruction) dengan metode mind  mapping dan model pembelajaran DI dengan metode konvensional. Hasil penelitian ini menghasilkan temuan sebagai berikut. 1) Diperoleh nilai thitung = 6,89 menggunakan taraf signifikansi 0,05 ttabel = 2,00 sehingga thitung > ttabel hal tersebut menunjukkan ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran DI dengan metode mind mapping dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran DI dengan metode konvensional ; 2) Diperoleh  nilai thitung = 8,58 menggunakan taraf signifikansi 0,05 ttabel = 2,00 sehingga thitung > ttabel hal tersebut menunjukkan ada perbedaan ada perbedaan prestasi siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran DI dengan metode mind mapping dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran DI dengan metode konvensional, 3) Diperoleh nilai r = 0,562 dan nilai sig = 0,000 menggunakan pembanding taraf signifikansi 0,05 sehingga sig (0,000) < α (0,05) hal tersebut menunjukkan ada hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dan prestasi siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran DI dengan metode mind mapping dan siswa yang belajar menggunakan model pemebelajaran DI dengan metode konvensional.

 

Kata kunci : metode mind mapping, kemampuan berpikir kreatif, dan prestasi belajar fisika

Full Text:

PDF

References


Khalifah, Muh. 2007. Pengaruh Model Pembelajaran Synectics Dipadu Mind Maps Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif, Sikap Kreatif, dan Penguasaan Materi Biologi. Jurnal Pendidikan. www.Lenterapendidikan.EdisiX.com.

Herdian. 2009. Model Pembelajaran Mind Mapping.

Hidayat Alif, Lukman. 2012. Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Optik Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Prestasi Belajar Siswa SMP. S_fis_0801308_chapter1. Jurnal Pendidikan. Diakses 21 Januari 2013.

Wawan, dkk. 2010. Penerapan Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction) Untuk Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Jurnal Pendidikan. FPMIPA_UPIpik@upi.edu.

Trianto, 2010. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivis.

Approach, Applied. 2001. Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Jakarta: PAU PPAI-UT

Santika, Rida Nuraida. 2012. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Oleh Guru Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.Jurnal Pendidikan.(online),(http://repository.upi.edu/s_pek_0707685_chapter2.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.