ANALISIS JALUR EVAKUASI PADA GEDUNG GRAHA SAINTA UNIVERSITAS BRAWIJAYA SEBAGAI UPAYA MITIGASI BENCANA ANGIN TOPAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE CAMPUS WATCHING

M Rahman
  Erudio, Vol 1, No 1 (2012),  pp.   

Abstract

Beberapa tahun terakhir di Indonesia sering terjadi bencana dan meninggalkan dampak bagi orang-orang yang mengalaminya. Bencana yang sering melanda Indonesia adalah banjir, angin topan, gempa, tsunami, tanah longsor dan gunung meletus. Dampak yang diakibatkan dapat berupa dampak fisik maupun non fisik. Oleh karena itu perlu diadakan kegiatan penanggulangan bencana yang berfungsi untuk mengurangi dampak yang diakibatkan oleh bencana. Kegiatan penanggulangan bencana terdiri atas kesiapsiagaan, mitigasi, peringatan dini, tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi. Akan tetapi, untuk dapat mengurangi resiko terjadinya bencana, maka perlu dilakukan peningkatan kesiapsiagaan dan mitigasi. Penelitian bertempat di gedung Graha Sainta (GS) Universitas Brawijaya dengan menggunakan metode campus watching. Data yang didapat merupakan data langsung yang diperoleh dari pengamatan langsung di lapangan. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa pada lantai I gedung GS terdapat 1 ruang evekuasi, pada lantai II terdapat 2 ruang evakuasi, dan pada lantai III tidak terdapat ruang evakuasi. Hal ini dikarenakan apabila terjadi bencana angin topan, lantai III akan porak-poranda sebab letaknya yang berada paling atas dari gedung GS.

Full Text:

PDF

References


Purnamawati, Dwi Indah. (2008), Gempa vulkanik, gempa tektonik dan puting beliung Studi kasus di Jogyakarta., 16, 152 – 161.

Wuryanti, Theresia. Kerangka Aksi Hyogo: Pengurangan Resiko Bencana 2005-2015: Membangun Ketahanan Bangsa dan Komunitas Terhadap Masyarakat Penanggulan Bencana Indonesia, Desember 2007.

Sukandarrumidi (2010), Bencana alam & bencana anthropogene, Kanisius, Yogyakarta.

UU RI No. 24 Tahun 2007 Tentang Penanggulangan Bencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.