PEMBELAJARAN GAYA MAGNETIK UNTUK SISWA SLTA MELALUI EKSPERIMEN MOTOR LISTRIK SEDERHANA

Gancang Saroja
  Erudio, Vol 2, No 1 (2013),  pp.   

Abstract

ABSTRAK

Telah dilakukan eksperimen pembuatan motor listrik sederhana untuk mempelajari arah gaya magnetik. Eksperimen dibangun dengan menggunakan sebuah baterai 1,5 V, sebuah paku tembaga sepanjang 2,5 cm, sebuah silinder magnet neodymium berdiameter 2 cm dengan kuat medan pada permukaan 2,46 kG, serta sebuah kabel penghubung. Hasil eksperimen dibandingkan dengan kaidah gaya magnetik yang telah dikenal oleh siswa SLTA. Hasil menunjukkan bahwa eksperimen yang dibangun menghasilkan arah gaya magnetik yang sesuai dengan kaidah.

Kata kunci: eksperimen, motor listrik, gaya magnetik

ABSTRACT

A simple experiment was conducted to build an electric motor for studying the direction of the magnetic force. Experiment was build using a battery of 1,5 V, a copper nail with long of 2,5 cm, a neodymium magnet cylinder with a diameter of 2 cm and 2.46 kG of field strength at the surface, and a connecting cable. The results of experiment are compared with the rules of magnetic style that are known by high school students. The results showed the direction of magnetic force in accordance with the rules.

Keywords: experiment, electric motor, magnetic force

Full Text:

PDF

References


G. Saroja, A. Nadhir, S. Maryanto, D.R. Santoso, dan S.P. Sakti, Pemanfaatan Perangkat Lunak Interaktik dalam Proses Pembelajaran Fisika Listrik Dan Magnet Di SLTA, Erudio, Vol. 1 No. 2 (2013)

Sutrisno, Pengembangan Alat Peraga untuk Pembelajaran Fisika, UPI Bandung (http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/, diunduh september 2013)

Giancoli, Fisika Jilid 2 edisi kelima, Erlangga Jakarta 1998

Keith Gibbs, The New Resourceful Physics Teacher, Schoolphysics Publishing Somerset (http://www.schoolphysics.co.uk/ , diunduh Desember 2013)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.