KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MEMBACA SERTA KESESUAIANNYA DENGAN INTELIGENSI MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA INGGRIS

Sugeng Susilo Adi , Esti Junining
  Erudio, Vol 2, No 1 (2013),  pp.   

Abstract

Abstrak

Berpikir kritis adalah salah satu ketrampilan yang seharusnya dimiliki agar bisa berkomunikasi dan bertahan hidup di era global dewasa ini.Salah satu manfaat dari berpikir kritis adalah membuat seseorang lebih mandiri, percaya diri dan mampu memcahkan persoalan dengan lebih bijak.

Berpikir kritis memiliki dua konsep dasar yaitu delapan elemen pemikiran kritis dan Sembilan standar intelektual. Kedua konsep ini akan digunakan untuk mengukur tingkat berpikir kritis mahasiswa program studi sastra Inggris dalam membaca dan melihat keseuaiannya dengan inteligensi mereka. Kesesuaian antara kedua elemen berpikir kritis dan inteligensiakan diukur dengan menggunakan studi korelasi untuk menentukan standar pemikiran kritis yang mereka miliki. Critical Thinking (CT) tes dan Intelligence Quotient (IQ) tes akan digunakan untuk mengukur dua variable pemikiran kritis dan inteligensi. IQ tes tidak hanya mengukur inteligensi mahasiswa melainkan juga untuk mengetahui kemampuan verbal dan perilaku mahasiswa. Disamping itu, standar pemikiran verbal, pemikiran kuantitatif, pemikiran abstrak dan ingatan jangka pendek juga akan diketahui dari penyelenggaraan tes IQ.

Dengan mengetahui kesesuaian antara tingkat pemikiran kritis dan usia mental mereka, hasil dari penelitian ini diharapkan bermanfaat untuk mengembangkan kemampuan kritis para mahasiswa selain juga bermanfaat bagi para dosen untuk memberikan strategi pembelajaran berbasis pemikiran kritis mahasiswa.

Kata kunci: tingkat berpikir kritis, inteligensi, program studi Sastra Inggris

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Cottrell, S. 2005. Critical Thinking Skills. Palgrave Macmillan.

Paul, R and Elder, L. 2006. International Critical Thinking Test. Foundation for Critical Thinking.

Kameo, R.M. 2007. Critical Thinking in the Classroom: Some Cultural Constraints. English Edu. Journal of Language Teaching and Research, Vol.7,No.1 January 2007: 1-13.

Ary, D. 2002. Introduction to Research in Education. Holt, Rinehart and Winston Inc. USA.

Mustaji. 3013. Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran http://pasca.tp.ac.id/site/pengembangan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-kreatif-dalam-


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.