Pembelajaran Inovatif Bahasa Indonesia melalui Alih Media Buku Pelajaran Kurikulum 2013

Didin Widyartono
  Erudio, Vol 2, No 1 (2013),  pp.   

Abstract

Abstrak

Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, dapat dilakukan inovasi pembelajaran. Inovasi pembelajaran dapat dilakukan pada tataran kurikulum, strategi pembelajaran, evaluasi, hingga pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan memanfaatkannya, kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia dapat dilakukan secara inovatif. Fokus penelitian ini adalah kegiatan pengembangan dengan alih media buku pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa dalam kurikulum 2013. Kegiatan pengembangan dilakukan secara terbatas. Metode pengembangan yang digunakan adalah tahap rancang dan desain. Tahap rancang terdiri atas  terdiri atas pengobservasian awal dan penetapan kebutuhan siswa, sedangkan tahap desain terdiri atas penetapan perangkat lunak alih media dan pelaksanaan alih media buku pelajaran cetak ke elektronik. Hasil pengembangan berupa produk buku elektronik yang belum dilakukan uji coba dan uji ahli. Produk ini berbentuk e-Pub yang ukuran hurufnya dapat menyesuaikan dengan ukuran layar. Hal ini berbeda dengan format PDF. Selain itu, dengan format e-Pub bukan hanya teks dan gambar saja yang bisa disajikan, melainkan juga animasi, audio, dan audio-visual. Dengan alih media ini diharapkan buku pelajaran Bahasa Indonesia lebih menarik dan sesuai dengan karakter siswa.

 

Kata kunci: alih media, buku pelajaran, bahasa Indonesia, Kurikulum 2013

Full Text:

PDF

References


DAFTAR RUJUKAN

Pusat Bahasa. 2008. Kamus Elektronik Bahasa Indonesia, (Offline), (http://ebsoft.web.id/kbbi-offline-1-5-1-perbaikan-masalah-suara-beep-di-windows/), diakses 5 Maret 2014.

Miles, M.B. 1964. Innovation in Education. New York: Bureau of Pubcation Teachers College.

Sa’ud, U.S. 2013. Inovasi Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.

Wahono, R. S. 2006. Meluruskan Salah Kaprah tentang e-Learning, (Online), (http://romisatriawahono.net/2008/01/23/meluruskan-salah-kaprah-tentange-Learning/, diakses 21 Februari 2014).

Widyartono, D. 2010. Pengembangan Bahan Ajar Matakuliah Bahasa Indonesia Keilmuan Berbasis Web Interaktif. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS Universitas Negeri Malang.

Rusman,. 2012. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer: Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

Bataviase.co.id. 2010. Kebutuhan Digital Native, (Online), (http://www. http://bataviase.co.id/node/163990), diakses pada 21 Februari 2014).

Rosenberg, M. 2001. E-Learning: Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age. Columbus: The McGraw Hill Companies, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.