Penentuan ukuran Kristal (crystallite size) lapisan tipis PZT dengan metode XRD melalui pendekatan persamaan Debye Scherrer

Masruroh1)*, Algafari Bakti manggara3) , Titus Lapailaka3), Rachmat Triandi T2)
  Erudio, Vol 1, No 2 (2013),  pp.   

Abstract

Ukuran kristal (crystallite size) dapat dihitung dengan menggunakan persamaan Debye Scherrer dengan nilai panjang gelombang, intensitas, 2θ, dan FWHM yang dihasilkan dari uji XRD. Persamaan Debye Schrerrer menunjukkan bahwa nilai ukuran kristal yang dihasilkan akan berbanding terbalik dengan nilai FWHM, sedangkan nilai FWHM dipengaruhi oleh intensitas masing-masing bidang kristal, dimana semakin tinggi intensitas maka nilai FWHM semakin kecil. Dalam paper ini perhitungan ukuran kristal dilakukan pada lapisan tipis PZT, hasil perhitungan diperoleh ukuran kristal sebesar 22,22 nm.

 

Kata kunci: Ukuran Kristal, persamaan Debye Scherrer, XRD.

Full Text:

PDF

References


Cullity, B.D. dan Stock, S.R, 2001. Element of X-Ray Diffraction. Third Edition, New Jersey : Prentice Hall.

Monshi, Ahmad., Mohammad, R. F., Mohammad, R. M., 2012. Modified Scherrer Eqquation to Estimate More Accurately Nano-Crystallite Size Using XRD. World Journal of Nano Science and Engineering, Vol. 2, pp. 154-160.

West, Anthony. R., 1989. Solid State Chemistry and Its Application. New York: John Wiley and Sons.

Zakaria, 2003. Analisis Kandungan Mineral Magnetik pada Batuan Beku dari Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Metode X-Ray Difraction. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Kendari: Universitas Haluoleo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.