PEMANFAATAN PERANGKAT LUNAK INTERAKTIK DALAM PROSES PEMBELAJARAN FISIKA LISTRIK DAN MAGNET DI SLTA
Abstract
Metode pembelajaran ilmu fisika yang hanya menggunakan metode ceramah dirasakan monoton dan kurang relevan lagi. Oleh karena itu, diperlukan suatu metode pembelajaran fisika yang lebih efektif. Salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komputer (TIK). Aplikasi perangkat lunak interaktif berbasis Java berupa Java Applet, PhET, dan Circuit memberikan alternative untuk proses pembelajaran fisika. Hasil jajak pendapat awal dengan metode survei kepada guru-guru fisika SLTA di Kabupaten Lombok Timur menyatakan bahwa para guru memerlukan pelatihan aplikasi perangkat lunak interaktif untuk membantu dan meningkatkan kualitas proses pembelajaran fisika. Hasil survei pasca pelatihan menyatakan seluruh peserta memiliki persepsi bahwa proses pembelajaran fisika akan terbantu dan lebih afektif dengan pemanfaatan Java Applet, PhET, dan Circuit.
Kata kunci: Persepsi, Perangkat lunak interaktif, Pembelajaran, Fisika
Full Text:
PDFReferences
Supardi, Leonard, H. Suhendri, dan Rismurdiyati, Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika, Jurnal Formatif 2 (1): 71 - 81
Wiyanto, A Sopyan, Nugroho, SW A Wibowo, 2006, Potret Pembelajaran Sains di SMP dan SMA, Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, Vol 4, No.2
Neny Kurniasih, Nurhasan, dan Euis Sustini, 2009, Analisis Rangkaian LC Menggunakan Analogi Gerakan Massa-Pegas, Jurnal Pengajaran Fisika Sekolah Menengah, Vol. 1, No.4
Sutrisno, Pengembangan Alat Peraga untuk Pembelajaran Fisika, UPI Bandung (http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/, diunduh september 2013)
Sudjana, N., Rivai, A., 2001, Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Angkowo, R., Kosasih, A., 2007, Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Grasindo
Purbo, W., O., 2001, Teknologi e-learning, PT. Elex Media Komputindo, Jakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.