SISTEM JALUR EVAKUASI TANGGAP DARURAT KEBAKARAN DI Gd. GRAHA SAINTA Lt. 3 FMIPA UB BERDASARKAN CAMPUS WATCHING

Sandy Vikki Ariyanto
  Erudio, Vol 1, No 1 (2012),  pp.   

Abstract

Belakangan ini kebakaran merupakan fenomena yang kerap kali terjadi, baik hunian yang berpotensi kebakaran tingkat ringan maupun hunian kebakaran tingkat tinkat tinggi. Ancaman bahaya kebakaran tergantung dari terkendali atau tidaknya api yang menyala. Oleh sebab itu dikatakan bahwa bahaya kebakaran adalah bahaya yang ditimbulkan oleh adanya nyala api yang tidak terkendali dan dapat mengancam keselamatan jiwa maupun harta benda. Sistem pembangunan gedung yang paling utama yakni terletak pada komponen sistem proteksi kebakaran. Pentingnya hal tersebut digunakan untuk melingdungi manusia dan aset yang ada dalam gedung tersebut. Graha Sianta-MIPA Universitas Brawijaya merupakan salah satu gedung yang memiliki tinggi bangunan dengan tiga lantai dan diklasifikasikan sebagai gedung tinggi yang harus memperhatikan Kebakaran merupakan bencana yang memiliki estimasi tingkat kewaspadaan tinggi dan memerlukan penanganan cepat. Penanganan dalam kebakaran di gedung tinggi lebih rumit dan lebih hati-hati daripada penanganan kebakaran pada daerah padat penduduk.

Full Text:

PDF

References


Kep.Men PU No.10/KPTS/2000, Tentang ketentuan teknis pengamanan bahaya kebakaran pada bangunan gedung dan lingkungan, Kantor menteri negara pekrjaan umum.

Kep.Men PU.No. 11/KPTS/2000, Ketentuan teknis manajemen penanggulangan kebakaran di perkotaan.

Lestari, Fatma dan RM. Yodan Amaral Panindrus.2008. Audit sarana prasarana pencegahan penanggulangan dan Tanggap darurat kebakaran di gedung fakultas x Universitas indonesia tahun 2006. makara, teknologi, volume 12, no. 1, april 2008: 55-60.

Talarosha, Basaria. 2012. Sistem Proteksi Kebakaran Pada Bangunan Gedung. urnal Arsitektur dan Perkotaan “KORIDOR” vol. 03 no. 01, JAN 2012 : 28-39.

Trikomara, dkk. 2012. Evaluasi Keandalan Sistem Proteksi Kebakaran Pada Bangunan Gedung (Studi Kasus Gedung Kantor Bupati Indragiri Hilir). Fakultas Teknik, Universitas Riau Kampus Binawidya Km 12,5 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293 *e-mail: Rifaatul_Mahmudah07@yahoo.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.