EVALUASI SISTEM MANAJEMEN KEBAKARAN GEDUNG REKTORAT UNIVERSITAS BRAWIJAYA (Lt. 1 s.d 4)
Ambar Kristiyanto
Abstract
Sulitnya penanggulangan bencana kebakaran pada gedung bertingkat karena memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis kebakaran yang terjadi di pabrik atau bangunan lainnya yang tidak bertingkat. Oleh karena itu selalu diperlukan evaluasi sistem manajemen kebakaran yang dilakukan secara terus menerus dengan baik dan terencana sepanjang siklus kegiatan operasional di gedung tersebut. Manajemen kebakaran dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu diawali dari pencegahan yang dilakukan saat pra kebakaran dengan aktivitas merumuskan dalam kebijakan manajemen institusi, pembuatan organisasi dan prosedur kebakaran, identifikasi bahaya kebakaran, pembinaan dan pelatihan peran kebakaran, pemasangan sistem proteksi kebakaran, inspeksi kebakaran dan pengendalian bahaya kebakaran.Pada tahap yang kedua penanggulangan yang dilakukan saat kejadian kebakaran dalam fase ini dikembangkan sistem tanggap darurat yang baik dan efektif sehingga kebakaran dapat secepatnya dipadamkan serta proses evakuasi dapat berjalan dengan sempurna . Sedangkan tahap yang ketiga adalah fase rehabilitasi dan rekonstruksi dari dampak kebakaran yang dilakukan pasca kebakaran dengan aktivitas penyelidikan dan pelaporan serta audit kebakaran. Dari ketiga tahapan diatas dapat digunakan untuk melakukan evaluasi kelebihan dan kekurangan sistem manajemen kebakaran di gedung rektorat guna perbaikan strategi manajemen kebakaran selanjutnya.
References
Juwana, Jimmy S, Ir, MSAE 2005. Panduan Sistem Bangunan Tinggi.Penerbit Erlangga Jakarta.
Ramli, S. 2010. Pedoman Praktis Manajemen Bencana. Penerbit Dian Rakyat. Jakarta. hal :108-110
Ramli, S. 2010. Petunjuk Praktis Manajemen Kebakaran. Penerbit Dian Rakyat. Jakarta. hal:137-192
Sutanta, H. et al. 2009. An Integrated Approach For Disaster Risk Reduction Using Spatial Planning And Sdi Platform. Department of Geomatics, University of Melbourne
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution 4.0 International License.