KONTRIBUSI KINERJA MENGAJAR DOSEN DAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA

Hari Siswoyo, Suyitno Suyitno, Muchni Marlikan
  Erudio, Vol 1, No 1 (2012),  pp.   

Abstract

Peran para dosen dalam mengajar dan institusi pendidikan dalam menyediakan sarana dan prasarana belajar menjadi faktor penting dalam menumbuhkan dan meninggikan motivasi belajar para mahasiswanya yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kualitas belajar mahasiswa tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kontribusi kinerja mengajar dosen dan media pembelajaran yang masing-masing sebagai variabel bebas terhadap motivasi belajar mahasiswa yang merupakan variabel terikat. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan metode survei dan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis di dalam penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis) yang digunakan untuk menguji besarnya kontribusi yang ditunjukkan oleh koefisien jalur pada setiap diagram jalur dari hubungan kausal antar variabel bebas terhadap variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 254 mahasiswa dengan jumlah sampel yang ditetapkan berdasarkan Rumus Taro Yamane sebanyak 73 responden. Berdasarkan analisis terhadap data-data penelitian yang ditunjang dengan uji statistik maka diperoleh temuan-temuan dalam penelitian sebagai berikut: (1) Kinerja Mengajar Dosen berkontribusi secara signifikan terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa sebesar 26,2%. (2) Media Pembelajaran berkontribusi secara signifikan terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa sebesar 8,1%. (3) Kinerja Mengajar Dosen dan Media Pembelajaran secara simultan berkontribusi signifikan terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa sebesar 57,1%, sedangkan sisanya sebesar 42,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dapat dijelaskan di dalam penelitian ini.


Kata kunci : kinerja mengajar, media pembelajaran, motivasi belajar mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.