PENGEMBANGAN FLIP FLOP BOOK DALAM MODEL COLLABORATIVE MULTIMEDIA LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Mahrawi Suprapto, R Rusdi, R Rusmono
  Erudio, Vol 5, No 1 (2018),  pp. 115-123  

Abstract

Hasil dari analisis kebutuhan didapatkan data bahwa mata pelajaran Biologi materi Sistem Hormon atau Endokrin merupakan salah satu materi yang tersulit. Hal ini dikarenakan kompleksitas materi yang cukup  tinggi serta sifat materi yang abstrak. Berdasarkan hasil tersebut dibutuhkan sumber belajar yang dapat mengkonkretkan materi tersebut. Buku berbasis digital atau multimedia seperti Flip Flop Book mampu mengkonkretkan sesuatu yang abstrak. Melalui penelitian pengembangan yang mengacu pada desain Borg and Gall dilakukan pengembangan buku digital untuk materi Sistem Hormon. Penelitian dilakukan dengan tahapan (1) uji kelayakan ahli (materi, media, dan bahasa), (2) uji kelompok kecil, (3) uji kelompok besar serta (4) uji efektivitas buku berbasis digital dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai uji kelayakan dan uji coba materi mendapatkan kategori nilai Baik (B) hingga Sangat Baik (SB). Sedangkan hasil uji efektivitas menunjukan bahwa buku digital dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan (nilai p<.05, p=.0000).

Keywords


flip flop book; hasil belajar; sumber belajar

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18551/erudio.5-1.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.