ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM KONSEP TITIK DAN GARIS PADA BIDANG

Eyus Sudihartinih
  Erudio, Vol 5, No 1 (2018),  pp. 12-18  

Abstract

Geometri merupakan bagian dari matematika yang penting bagi siswa dari tingkat dasar sampai universitas. Namun, kenyataannya banyak mahasiswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal geometri. Sehingga untuk mengetahui kesalahan mahasiswa tersebut, peneliti melakukan studi eksploratif dengan memberikan tes tertulis individu (dua soal uraian) pada konsep titik dan garis pada bidang dalam perkuliahan geometri analitik. Partisipan penelitian ini berjumlah 32 orang yang sedang kuliah Geometri Analitik tahun ajaran 2017/2018 di Departemen Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam di salah satu universitas di Indonesia. Berdasarkan hasil analisis data, mahasiswa mengalami kesalahan dalam soal titik dan garis pada bidang, dengan kategori kesalahan ada tiga yaitu err1 (slip), err2 (kesalahan konsep), dan err3 (kesalahan prosedural). Banyaknya mahasiswa yang mengalami kesalahan pada soal nomor 1 pada kategori kesalahan err1, err2, dan err3 secara berturut-turut yaitu 0, 26, dan 1 orang, sedangkan pada soal nomor 2 sebanyak 6, 4, dan 1 orang.

Keywords


Kesalahan; geometri; titik dan garis pada bidang.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18551/erudio.5-1.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.