Strategi Komunikasi Pembelajar Bahasa Asing: Deskripsi Strategi Komunikasi Mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya

Sugeng Susilo Adi, Zulfikar Davito
  Erudio, Vol 4, No 1 (2017),  pp. 26-45  

Abstract

Komunikasi lisan dengan bahasa Inggris sebagai bahasa asing sering menghadapi berbagai masalah yang disebabkan oleh kurangnya kompetensi komunikatif. Untuk menghadapi masalah ini beberapa cara dilakukan, salah satunya dengan menggunakan strategi komunikasi. Di Indonesia, mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris menggunakan bahasa Inggris sebagai media komunikasi mereka selama proses belajar mengajar. Penelitian ini mencoba mengidentifikasi strategi komunikasi yang digunakan oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris dalam komunikasi bahasa asing mereka. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain survei yang melibatkan 120 mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya dengan menggunakan Communication Strategy Questionnaire (CSQ) yang diadopsi dari Zhao (2013). Ditemukan bahwa mahasiswa menggunakan semua item strategi komunikasi pada tingkat sedang. Tujuh item digunakan secara bersama-sama, yaitu: 1) menggunakan kata-kata, ungkapan atau kalimat yang sudah dikenal; 2) menggunakan ungkapan sederhana; 3) berpikir dalam bahasa Indonesia sebelum berbicara; 4) mengacu pada kamus ponsel atau jenis dokumen lainnya; 5) mencoba untuk menangkap titik utama lawan bicara; 6) menebak arti dari apa yang lawan bicara katakan; 7) dan mencoba menikmati percakapan. Disarankan agar mahasiswa dan dosen mengetahui sendiri dan mahasiswa mereka masing-masing strategi komunikasi untuk meningkatkan kegiatan belajar atau komunikasi dengan menggunakan bahasa asing. Untuk peneliti di masa depan disarankan untuk melakukan studi mengenai topik yang sama dengan menambahkan beberapa variabel yang mempengaruhi penggunaan strategi komunikasi.

 

Kata kunci : kompetensi komunikatif, strategi komunikasi, pembelajar, bahasa asing

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.