Metode Keseluruhan Dan Metode Saintifik Terhadap Teknik Dasar Servis Atas

Muchamad Ishak, Lingling Usli Wargadinata
  Erudio, Vol 4, No 1 (2017),  pp. 55-65  

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran melalui pembelajaran metode keseluruhan dan metode saintifik terhadap servis atas dalam permainan bola voli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Terdapat dua variabel yaitu variabel bebas (metode keseluruhan dan metode saintifik) dan variabel terikat (teknik dasar servis atas). Penelitian dilakukan pada siswa SMP Muhammadiyah 6 Bandung tahun ajaran 2016 yang berjumlah 279 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan random sampling. Alat pengumpul data berupa tes servis atas. Pengolahan dan analisis data menggunakan uji t. Hasil perhitungan menunjukan bahwa t hitung kelompok eksperimen metode keseluruhan sebesar 6,66 dan t tabel yaitu sebesar 2.140 pada tingkat peluang 0.05, dan t hitung metode saintifik sebesar 6.03 dan t tabel yaitu sebesar 2.140 maka dengan demikian penerapan menggunakan metode keseluruhan dan metode saintifik memberikan pengaruh yang signifikan. Kesimpulannya adalah kedua metode pembelajaran keseluruhan dan metode saintifik memberikan pengaruh yang signifikan secara bersama – sama terhadap teknik dasar servis atas bola voli di Sekolah Menengah Pertama.

 

Kata Kunci: Metode Keseluruhan, Metode Saintifik, Servis Atas, Bola Voli

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.