PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING DENGAN MEMPERHATIKAN MULTIPLE INTELLIGENCES MAHASISWA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN

Febi Dwi Widayanti
  Erudio, Vol 3, No 2 (2017),  pp. 37-54  

Abstract

Identifikasi multiple intelligences (MI) dapat membantu pengajar (dosen) mengetahui jenis kecerdasan yang dimiliki mahasiswa. Mahasiswa dengan tingkat MI yang tinggi dapat diharapkan mengembangkan kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking ability) dalam belajar. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reciprocal Teaching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi Reciprocal Teaching dengan memperhatikan Multiple Intelligences mahasiswa dan untuk mengetahui apakah penerapan strategi Reciprocal Teaching dengan memperhatikan Multiple Intelligences mahasiswa dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan terhadap mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Wisnuwardhana Malang.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Reciprocal Teaching memberikan pengaruh yang positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran. Hal ini terlihat dari nilai hasil belajar pada semester gasal 2014/2015 lebih tinggi dari pada nilai hasil belajar pada semester gasal 2013/2014 yaitu 80,18 dan 69,79.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, reciprocal teaching, multiple intelligences, kualitas pembelajaran 

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.