PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DITINJAU DARI KEMAMPUAN AKADEMIK MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar kognitif ditinjau dari kemampuan akademik mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non equivalen control group design dengan rancangan faktorial 2x4. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan Biologi semester IV STKIP Bima, sebanyak 8 kelas dengan jumlah 336 mahasiswa. Sampel penelitian diperoleh melalui teknik simple random sampling, dari 8 kelas yang ada diambil 4 kelas sebagai sampel dengan jumlah 168 mahasiswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar kognitif. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik statistik Anacova dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Jigsaw II, dan TGT terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa (p<0,05), 2) Ada pengaruh kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa (p<0,05), 3) Tidak ada pengaruh interaksi model pembelajaran kooperatif tipe STAD, Jigsaw II, dan TGT dengan kemampuan akademik terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa (p>0,05), 4) Hasil uji beda menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang signifikan perbedaan pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif, dibandingkan dengan tipe Jigsaw II, dan STAD (berkoofisien positif dan sig.< 0,05).
Full Text:
Unduh ArtikelReferences
Ahriani, F. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta didik Kelas X SMK Negeri 2 Bantaeng. Jurnal Chemica Vol.14 Nomor 1 Juni 2013, 1-9.
Andriani, D.G, Atmojo, T.K, dan Mardiyana. 2013. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw II dan Think Pair Share ditinjau dari kecerdasan Emosional Siswa SMP se-kota Kediri Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elekronika Pembelajaran Matematika. Vol. 1, No. 7, hal.651-660, Desember 2013. ISSN: 2339-1685.(online): http://jurnal.pasca.Uns.nc.id.
Arizona, K. 2013. Pengaruh Implementasi Media Tiga Dimensi Kemagnetan Berbasis Inkuiri (MTDKBI) melalui Strategi Kooperatif terhadap Kecakapan Sosial, Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Kelas IX. Tesis: Universitas Mataram.
Direktorat Akademik Ditjen Dikti. 2008. Buku Panduan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi. Jakarta: Sub Direktorat KPS.
Gayatri, I.G.A.S. 2014. Efektifitas Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dan Strategi Kooperatif terhadap Kemampuan Menyelesaikan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Ditinjau dari Kemampuan Akademik Awal Siswa Kelas X SMAN. 3 Mataram. Tesis. Program studi Magister Pendidikan IPA,Program Pascasarjana Universitas Mataram.
Huda, M. 2012. Cooperatifve Learning metode, teknik, struktur dan model penerapan.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jufri, A.W. 2010. Belajar dan Pembelajaran Sains. Mataram Lombok: Arga puji press
Karmana, I. W. 2011. Starategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik, Kemampuan Pemecahan Masalah, Dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volome 17. Nomor. 5.2011 (online): http://journal.um.ac.id/index.php/jip/article/view/2866.
Ramdani, A. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inkuiri melalui Kegiatan Lesson Studi dan Pengaruh Implementasinya terhadap Hasil Belajar IPA Biologi dan Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa Berkemampuan Akademik Berbeda di SMP Negeri Kota Mataram. Disertasi. Unirversitas Negeri Malang.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Tarigan, R dan Gultom, V. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Turnament Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika di SMP Negeri Percut Sei Tuan.Skripsi.Universitas Negeri Medan.ISSN 2085-5281.
Trihendardi, C. 2009. Step by Step SPSS 18 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Undang-Undang Republik Indonesia nomor 12 tahun 2012 tentang tujuan pendidikan tinggi. Lembaran Negara RI Nomor 158 tahun 2012: Jakarta Press.
Utami, S. D. 2014. Pengaruh Penerapan Model Pembelajarn Hasil Kooperatif Berbasis Pemberdayaan Berpikir terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar ditinjau dari Kemampuan Akademik Mahasiswa. Tesis. Program studi Magister Pendidikan IPA,Program Pascasarjana Universitas Mataram.
Widyasari, A.W. 2012. Komparasi Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) dan Student Team Achiement Division (STAD) Terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Siswa SMP Negeri 2 Lendah Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi. Program studi Pendidikan Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Jogjakarta.(0nline): http://digilib.uin-suka.ac.id/7927/1/BAB%20I,%20Vpdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.