PEMANFAATAN ALAT PERAGA UNTUK PROSES PEMBELAJARAN FISIKA DI SLTA (Studi Persepsi Guru-guru Fisika SLTA di Kabupaten Lombok Timur)

Gancang Saroja, Ahmad Nadhir, Sukir Maryanto, Didik Rahadi Santoso, Setyawan P. Sakti
  Erudio, Vol 2, No 2 (2014),  pp. 8-12  

Abstract

Proses pembelajaran ilmu Fisika akan lebih menarik dan mudah dipahami siswa jika didukung dengan kegiatan praktikum dan eksperimen di laboratorium. Terkait dengan keterbatasan sarana laboratorium sekolah di SLTA Kabupaten Lombok Timur, Tim Pengabdian  jurusan Fisika UB melakukan kegiatan pelatihan pembuatan alat peraga fisika bagi para guru-guru fisika.

Dalam penelitian ini dilakukan studi persepsi, dimana kepada para peserta diberikan angket sebelum dan setelah kegiatan. Kriteria-kriteria yang digunakan adalah pengukuran tingkat relevansi materi kegiatan yang di sampaikan terhadap kebutuhan guru, pengukuran tingkat kepuasan dari guru yang berperan sebagai peserta, serta umpan balik dan saran dari guru peserta pada tim pengabdian

Hasil studi menyatakan bahwa materi kegiatan sangat relevan terhadap kebutuhan guru-guru anggota MGMP Fisika di Kabupaten Lombok Timur. Selain itu, para peserta menyatakan bahwa kegiatan sangat memberikan manfaat bagi proses pembelajaran fisika. Sebagai umpan balik, peserta berharap adanya kegiatan yang sama di Lombok Timur dengan durasi waktu kegiatan yang lebih panjang.

 

Full Text:

Unduh Artikel

References


G. Saroja, A. Nadhir, S. Maryanto, Didik R. Santoso, dan Setyawan P.S., 2013, Pemanfaatan Perangkat Lunak Interaktik Dalam Proses Pembelajaran Fisika Listrik dan Magnet Di SLTA, Erudio, Journal Of Educational Innovation,Vol. 1 No. 2

Sutrisno, Pengembangan Alat Peraga untuk Pembelajaran Fisika, UPI Bandung, http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/, diunduh september 2013

Gancang Saroja, 2013, Pembelajaran Gaya Magnetik untuk Siswa SLTA melalui Eksperimen Motor Listrik Sederhana, Erudio, Journal of Educational Innovation, Vol. 2 No.1


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Erudio Journal of Educational Innovation

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.